Etika Seorang Blogger

Setelah melakukan blogwalking ke blog-blog tetangga,mengikuti berbagai forum,ternyata masih ada beberapa blog yang melakukan kecurangan mengenai kepemilikan suatu artikel.mereka mengaku bahwa artikel tersebut murni ciptaan nya,padahal yang saya tahu hasil copas dari blogger lainnya.Dan beberapa blog diwordpress kebanyakan artikelnya hasil copas dari situs-situs besar.seperti detik,kompas,kapan lagi,oke zone,dll.Nah yang membuat saya tanda tanya..???,tujuan mereka itu apa menciptakan suatu blog?dan alasannya kenapa??apakah hanya mempopulerkan situs mereka tanpa memandang apakah artikel ini hasil maha karya sendiri,ataukah sekedar iseng-iseng membuat blog??
Kalau menurut saya dantujuan saya membuat suatu blog itu,ingin menciptakan suatu tulisan berupa trik,tips,info,dan referensi positif.yang bisa dimengerti pembaca.lalu bagaimanakah dengan anda??
Membuat suatu artikel yang menarik dan relevan itu memang ga semudah yang kita pikirkan,terkadang didalam pikiran kita banyak ide-ide baru untuk dijadikan postingan blog,tapi pada saat akan mau mengetik kita kan merasa kesulitan.entah itu bingung mengatur gaya bahasanya,agar pembaca mudah mengerti dan menerima apa yang kita sampaikan,atau bingung yang mana dulu yang akan mau diposting.semua blogger pemula pasti mengalami seperti ini,termasuk saya.Nah dengan keadaan demikianlah,kecurangan yang muncul.blogger pemula ingin mengisi blog mereka dengan atikel-artikel yang mungkin bisa di bilang menarik dan dijadikan sebuah trik,tips,info,dsb.guna untuk menunjang kepopuleran blog yang mereka akses.siapa sih yang ga pengen blog kita dapet PageRank tinggi ,ramai pengunjung dan banyak komentator..??.semua blogger menginginkan hal itu,termasuk saya.dari sinilah kita harus saling mengunjungi blog-blog tetangga belajar,berbagi,ngasih komentar yang positif.

Kejadian-kejadian yang menyebabkan kecurangan dalam kepemilikan suatu artikel:

Sebenarnya sih boleh-boleh saja mencopy paste artikel dari blog lain,asalkan mencantumkan nama penulisnya.akan tetapi orang lain akan menilai berbeda dengan hal ini,mereka beranggapan bahwa blog tersebut tidak kreativ,ga bermutu,karena isi postingan hasil copas.meskipun ramai pengunjung,banyak komentator,PR naik,tapi kalo isi artikel hasil copas bangga ngga’?kalo menurut saya pribadi,meding sedikit komentator,sedikit pengunjung,dan PR masih rendah.tapi isi artikel hasil karya sendiri.bukan begitu??
Dari sini kita akan belajar dari bawah,melalui suatu proses betapa senangnya dan nikmatnya apa bila artikel kita nanti menarik perhatian para pengunjung.dan blog kita mencapai kepopuleran dan kesuksesan.:)

Bookmark and Share

Etika Seorang Blogger

13 thoughts on “Etika Seorang Blogger

  1. ahsanfile says:

    Setuju fren…

    dan yang ente sebutkan kadang mo nulis ide-ide di otak mengalami kesulitan karena gaya bahasa dan sejnisnya itu ane banget gan. Sering ane mengalami kesulitan …

    Terus soal etika ngeblog, ane tadi pagi juga nulis hal sejenis. Emang kalo menurut ane juga lebih baik karya sendiri gan dari pada copy paste. Pelan tapi pasti kita akan terlatih menulis dengan baik. he he he…

    1. yups mending kita mulai dari bawah,lm kelamaan juga terlatih.tunjukin rasa loe,,sukses selalu coi..:D

    1. bukan iklan rokok coi,,loe inget iklan NESCAFE kalo ga salah,pkoknya sjenis kopi susu,yg dbwain almarhum adi firansyah??.patut dicontoh.hahahayyy

  2. wduh ane ngblog tntang proxy g2 gmn sob?

    klo ane mah bdo amat ma trafic, seo, PR, dll. Yg pntg hobi nulis trslrkan dan org bs iktan mnkmati intrnet grtis sob. mnrut ente gmn tu sob?

    1. setuju gan ma ente.ngeblog itu bebas berekspresi kok.ga ada larangan.cuman klo di wp.com di tekankan artikel ga boleh kopas.klo maksa,rawan di banned gan.

  3. Sindhu says:

    Yah, gapapa lah kalo artikel atau tulisan di blog qta dari copas. Yg penting ada sumbernya (menuju link hidup terkait).
    Tapi, yg perlu dicatat, harusnya proporsi tulisan copas dgn tulisan hasil karya qta sendiri harus seimbang atau bahkan lebih diperbanyak tulisan original qta-nya.

    Salam kenal. Ditunggu kunjungan baliknya.🙂

  4. contohnya blog aku banyak yang opas dari wiki****..tapi aku angkat topi buat yang full original.kalo motivasiku sharing informasi aja cuma dikemas dalam bentuk yang berbeda walau isi sama biarlah si pengunjung yang memilih mana yg disuka,…salam kenal ya.

  5. […] dengan catatan mencantumkan link aslinya.Namun,mereka (plagiat) selalu mengabaikan hal ini.Padahal Etika seorang blogger sudah seharusnya berlaku dan di patuhi.Tapi pada kenyataannya para plagiator semakin […]

Comments are closed.