Sulitnya Optimasi SEO Joomla

Sulitnya mengoptimasi SEO cms joomla.jujur saja baru kali ini gue bermain web cms joomla.kenapa situs yang gue optimasi kok rankingnya malah turun.bener-bener aneh.dan sangat membingungkan bagi gue.mampir sana-sini di beberapa forum seperti kaskus,id-adsense-id-joomla,dsb ternyata joomla itu sangat sulit untuk di optimasi.bahkan kebanyakan dari pengguna CMS yang sebelumnya menggunakan joomla kini beralih ke wordpress self hosted.yap,cms yang satu ini (wordpress) memang SEO friendly alias CMS paling disayangi oleh mesin pencari google.

Anyway,ini adalah tugas baru gue bermain SEO di joomla.mau ngga mau gue harus cari solusi paling ampuh biar traffic website yang ingin gue optimasi melejit di kalangan maya.sedikit curhat nih,langkah awal gue cari backlink sebanyak mungkin dari situs ber PR tinggi/blog do follow baik situs lokal maupun interlokal.kemudian langkah kedua nge-ping ke puluhan situs dan submit ke beberapa direktori website lokal maupun interlokal.langkah selanjutnya optimasi keyword (mau edit deskripsi website ga jadi ah,takut bos ngga ngijinin😀 cmiiww),karena gue lihat deskripsi terlalu panjang.idealnya sih untuk SEO maximal 130 karakter.

Well,ternyata usaha gue sia-sia alias nihil,malah ranking alexa jadi turun.hadooh,,amsyong gue.ini bener-bener diluar dugaan,biasanya ngga kayak gini.apakah benar joomla sulit di optimasi SEO-nya?.mohon para mastah/master kalau ada yang tahu tolong di share dimari atau kasih link-nya ya😀 ==Terima Kasih==😀

Sulitnya Optimasi SEO Joomla

19 thoughts on “Sulitnya Optimasi SEO Joomla

  1. Joomla memang Engine yg paling susah di dongrak SEOnya. Soalnya pengembangannya memang tidak berfokus pada SEO. Apalagi para template developernya yang mengabaikan aspek ini. Saya bahkan juga beralih, dari joomla ke WP dalam hal costumize dan optimalisasi SEO situs.

    Kalaupun kita memiliki tools, paling tidak kita harus beli. Tp disatu sisi, situs yg dioptimalisasi akan ambrol. Sangat disayangkan….!!!!

    Saran saya beralih lah….!!!

  2. sebenernya jika mau kerja keras, joomla pun bisa setingkat dengan WP, pda dasarnya semua CMS itu kan sama, sama2 menggunakan bahasa pemograman. Nah, bagi yg mau usaha keras moding pemograman CMS joomla, Insya Allah akan skelas dg WP, , malahan akan lebih.

  3. Tetep bisa dioptimasi kok bro tapi memang tidak sebagus wordpress hasilnya. Pengalaman saya sih dengan usaha yang sama, wordpress tetep lebih bagus hasilnya.
    Jadi bila saya melakukan 5 langkah yg sama untuk seo, hasil akhir wordpress lebih bagus🙂

  4. @Rahman : Mantab gan,oke ane stuju.cuman bnyk yg mngtakan engine joomla itu ngga dikhususkan ke SEO.jd SEO-nya standard,ga ky WP.
    @Latief : I agree gan.skrng ane lebih milih WP aja deh.user friendly,seo friendly,and msh bnyk yg bs dikustom.contohnya bs bkin network admin (lebih dr satu web dlm satu domain).

  5. Siang. maaf numpang komentar. Mau tidak mau saya harus memberikan sedikit persetujuan bagi sebagian komentator di web ini. Saya sudah menggunakan web joomla dari tahun 2006 hingga sekarang. dari sekian banyak web yang pernah saya tangani, memang agak sulit menempatkan web joomla yang kita tangani di tempat pertama google dari kata kunci yang kita kehendaki. Tapi justru anehnya di beberapa kata kunci yang gak terduga malah muncul. Ini pengalaman pribadi dari web saya sendiri yang setidaknya menempati halaman pertama dari tiga buah kata kunci yang jujur aja ga pernah saya duga sebelumnya. Mudah-mudahan bermanfaat

    1. Siiip,ada mastah joomla dsni.kalo bisa dishare jg mastah tehnik2nya.soalnya saya bnr2 kesulitan optimasi SEO di joomla.Joomla emg tetep best CMS.tp dlm hal SEO,ttp wordpress is number one.

  6. saya pribadi nangani joomla web sejak 2011, dan merasakan emang susah banget dongkrak SEO nya. Tapi dalam beberapa kata kunci justru berhasil, seperti kata kunci “running text” yang berhasil masuk di posisi 4 se-indonesia dan posisi 26 USA/WORLD. Terkadang saya juga bingung, bagaimana caranya berhasil dengan keyword yang lain. kalo wordpress saya belum coba. Ne baru mw coba. Tapi kalo di suruh milih antara blogspot dan joomla, saya pasti paling depan bilang blogspot, meski blogspot hanya bisa optimal tampil di halaman depan google bila memiliki 1 tema blog saja, tapi itu lebih baik dan lebih mudah merajai halaman depan google

  7. Numpang komentar ya bro….!!, kalo menurut ane sih.., Joomla juga bisa di sejajarkan dengan WP, BS atau CMS lain.., tinggal perbanyak aja content artikelnya yang terkait, minimal 120 artikel dan masing masing artikel minimal 5 paragraph dengan standar penulisan sesuai dengan kaidah2 SEO (H1, H2… dst), diusahakan satu artikel dalam 1 halaman terdapat dan mengandung 1 keywords (kata kunci), tema dan content disesuaikan materi website, itu kata master SEO yah…!,

    emang sih ane sendiri gak pake joomla… karena ane lebih suka berbisnis jadi ane hanya buat website yang mendukung e-commerce (OC, OS Commerce, Prestashop)..,

    buktiin.. yah silahkan anda ketik di google dengan keywords “toko bunga murah di bandung”, nah kalo gak salah website ane nangkring tuh di halaman pertama google posisi 1-3.. cobain yah…!!!

  8. Sebenarnya semua CMS sudah dioptimalkan SEO nya tinggal kita menambah link, seperti daftar isi kalau joomla gunakan xmap silahkan liat contohnya http://mansaba.sch.id/web_saba/akademik/daftar-isi.html. seting httacses(mengoptimalkan SEO Joomla) artikel banyak di internet. Posting artikel yang menarik jgn lupa meta keyword dan meta diskripsian di isi untuk mempermudah SEO mengindeks..dan juga tambahkan plugin jejaring social spt facebook twiter Google plus untuk mendongkrak popularitas website kita. website http://www.mansaba.sch.id menggunakan cmc joomla kebetulan saya yang membuat rata2 perhari 8.000-12.000 pengunjung pernah dalam 1 hari di kunjungi 32.000 pemgumjung jadi salah kalu anda mengatakan joomla sulit terindeks ke google..tergantung kita sebagai pemgelola website bisa mengoptimalkan atau tidak..demikian semoga bisa membatu .. salam kenal joko supriyanto, sst dari yogyakarta

Comments are closed.