Catatan Untuk Freelancer

Hari demi hari dilalui bagi seorang freelancer terkadang sangat membosankan.teringat sejenak saat masih bekerja di sebuah perusahaan.pekerjaan freelance itu kadang ada,kadang juga engga.disaat seperti ini,gue kangen banget suasana kantor,temen-temen dikantor,dan semuanya yang ada disana.pada postingan sebelumnya gue menyingung udah resign/keluar-masuk dari tujuh perusahaan diantaranya tiga perusahaan tersebut adalah salah satu perusahaan BUMN.

Jujur gue kangen suasana kantor,gue kangen sama teman-teman disana.walaupun terkadang suasana kantor begitu membosankan,begitu menyebalkan karena setiap pagi harus mengejar absensi doank.Ya,perasaan yang sekarang ingin rasanya kembali bekerja,kembali melakukan rutinitas yang menyebalkan.Selama ini gue mengandalkan otak kanan yang isinya ingin berbisnis,berbisnis,dan berbisnis.tapi gue ngerasa gila sendiri jikalau terus-terusan mengandalkan otak kanan.kalau sudah begini otak kiri mau ditaro dimana?,.padahal kedua otak tersebut (otak kanan dan otak kiri) haruslah seimbang.mengingat gue juga pemula dalam dunia bisnis.

Bagi pemula seperti gue ini,sepertinya harus banyak belajar ilmu lain selain  ilmu berbisnis.diantara ilmu-ilmu penting bagi pebisnis yang terlupakan adalah Ilmu filsafat dan ilmu agama.ilmu filsafat inilah yang belum gue pelajari sama sekali,sedangkan untuk ilmu agama dari semenjak SD-SMP hidup di pondok pesantren sebagai santri.tapi setelah masuk SMK/STM terus ditambah masuk ibu kota jakarta,ilmu agama yang selama ini gue pelajari terabaikan begitu saja😦

Catatan tentang freelancer ini berdasarkan apa yang gue rasain selama ini.beberapa hal yang gue abaikan sehingga membuat gue menulis Catatan Freelancer ini.pentingkah tulisan ini?,bagi gue PENTING!!.karena ini menyangkut kehidupan dimasa yang akan datang.beberapa hari yang lalu gue sempetin (maksa juga) ikut dengerin pengajian-nya Yusuf Mansur.ya walaupun ngga ketemu langsung,alias pengajian lewat youtube tapi ini membuat gue sadar betapa pentingnya ilmu agama dan ilmu filsafat.karena ini juga menyangkut pekerjaan kita sebagai pebisnis,freelancer.

Mereka orang-orang sukses lebih banyak mengalami kegagalan dari pada mereka yang tidak sama sekali.

Banyak para enterpreneur menceritakan perjalanan hidupnya dari yang biasa,sampai yang luar biasa.membangun bisnis itu tidaklah mudah,selain butuh kerja keras,semangat yang tinggi,yakin,tapi juga harus di imbangi dengan ilmu filsafat dan ilmu agama.

Sejenak gue merenung saat mereka mengatakan ilmu filsafat dan ilmu agama.karena bisnis itu tidak selamanya bisa berjalan atau bisa di nalar hanya dengan mengandalkan Logika.Ini yang gue abaikan,karena selama ini gue hanya mengandalkan Logika.

Ayah dan ibu selama ini menyuruh gue untuk sholat lima waktu,sholat dhuha,sholat tahajjud,baca alqur’an untuk ketenangan batin kamu,dan puasa senin-kamis.tapi sampai sekarang kewajiban itu yang seharusnya gue lakuin demi kelancaran bisnis gue, tapi terabaikan begitu saja.mungkin anda tahu sendirilah,bagaimana menghadapi segala godaan dan cobaan yang begitu kuat di kota besar (jakarta).tapi gue juga percaya,semua itu kembali pada diri sendiri.dan juga tergantung niatnya.kalau udah niat 100%,insya allah kewajiban diatas bisa terlaksanakan.

Sebelumnya gue juga sempat menanyakan ini kepada orang-orang yang sudah sukses.mereka menyarankan laksanakan kewajiban kamu sebagai muslim (sholat 5 waktu).dan jika kamu ingin sukses dalam berbisnis,selain kerja keras tapi jangan lupa sholat tahajjud,sholat dhuha,baca alqur’an buat ketenangan batin,dan puasa senin-kamis.laksanakan secara rutin,niscaya 30 hari kedepan kamu akan menemukan keajaiban yang selama ini kamu cari.

Jegerr,astaghfrullohal’adziimmm.ternyata benar apa yang dikatakan orang tua (ayah dan ibu).ya begitu mendengar nasehat pebisnis yang sukses tersebut,gue baru percaya.batapa pentingnya ilmu agama dalam kehidupan sehari-hari.kemudian gue pergi kemasjid ambil air wudhu,terus membaca ayat-ayat suci alqur’an.gue menghabiskan waktu selama satu jam (kira-kira jam 21.00 s/d 22.00) hanya membaca alqur’an.

Alhamdulillah hirobbil’alamiiiinn setelah membaca alqur’an suasana hati menjadi begitu damai,tenang,beban terasa ringan,dan jalan berpikirpun terasa lebih mudah.apakah ini yang disebut keajaiban alqur’an?.alqur’an selama ini bisa membawa ketentraman,dan ketenangan batin.Allahuakbar….

To be continued… 

Catatan Untuk Freelancer

One thought on “Catatan Untuk Freelancer

Comments are closed.